Update, Latihan Soal Pedagogik Pretest Ppg Guru Madrasah - Mi Mts Ma

Update, Latihan Soal Pedagogik Pretest Ppg Guru Madrasah - Mi Mts Ma

Rabu, 02 Mei 2018

 Latihan Soal Pedagogik Pretest PPG khusus Guru Madrasah  Update,  LATIHAN SOAL PEDAGOGIK PRETEST PPG GURU MADRASAH - MI MTS MA

Berikut ini beberapa contoh Latihan Soal Pedagogik Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA) yang juga tujuan untuk memperkaya wawasan Pedadogik Guru Madrasah. Soal Latihan untuk menghadapi Pretest PPG Guru Madrasah ini sudah barang tentu tidak akan sama dengan soal pretest PPG yang sesungguhnya. Soal-soal ini hanya untuk mengingatkan kisaran materi ujian terkait dengan pelaksanaan pretest PPG Guru Madrasah (MI MTS MA). Secara faktual soal pretest PPG atau soal UTN PLPG termasuk soal yang sulit dibocorkan mengingat pelaksanaan Pretest PPG maupun UTN PLPG dilaksanakan secara online. Kaprikornus Soal-soal Latihan Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA), hanyalah sebata prediksi juga sebagai sarana untuk memperkaya wawasan para guru.

Sebagai Latihan Soal Pedagogik Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA) atau Kemenag, kumpulan soal ini mencoba menampilkan banyak sekali soal terkait kompetensi pedagogik yang merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai guru. Untuk mendapat prediksi soal yang lebih baik, tentu para calon penerima pretest PPG harus mempelajari lebih mendalam kisi-kisi dan materi PPG.

Untuk sekedar berlatih dan menambah pengetahuan berikut ini contoh soal Latihan Pedagogik Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA). Silahkan pelajari kalau bermanfaat, namun jangan pedoman atau jangan dijadikan satu-satunya sumber belajar.



Latihan Online Soal Pedagogik
(Soal Pretest PPG Guru Madrasah - MI, MTS, MA)



Berikut Contoh Latihan Online Soal Pedagogik Pretest PPG Guru Madrasah (MI MTS MA)Desain soal latihan ini sebagai hasil training menciptakan soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari Soal Pedagogik Pretes PPG  ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Masa anak berusia 13- 16 tahun mencapai tahapan perkembangan sosial dengan  kesadaran kekerabatan saya engkau atau kekerabatan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara……
A. subyektif       
B. subyektif menuju obyektif       
C. pra puber    
D. obyektif        
    

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri


3. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan penerima didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah....
A. inspirasi
B.  budaya.
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan

4. Seorang guru memperlihatkan kiprah mengarang pada penerima didiknya wacana ancaman rekayasa genetika sebanyak 3000 kata. Jenjang kemampuan berpikir yang ingin dibangun guru tersebut yaitu kategori..… 
A.  C3 (penerapan)
B.  C4 (analisis)
C.  C5 (sintesis)
D.  C6 (evaluasi)


5.  Setelah dilakukan proses analisis dalam penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan, bagi penerima didik yang belum mencapai KKM ditindaklanjuti dengan jadwal remedial. Adapun pelaksanaan jadwal remidial dilaksanakan melalui.. .
A.  Pemberian ujian susulan 
B.  Pemberian tugas-tugas latihan
C.  Pemberian bimbingan tutor sebaya 
D.  Pemberian bimbingan secara perorangan atau kelompok


6. Pada umumnya penilaian proyek memakai metode berguru pemecahan problem sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Agar hal tersebut di atas tercapai, maka pada penilaian proyek setidaknya ada empat hal yang perlu dipertimbangkan pendidik, yaitu pengelolaan, relevansi, keaslian, dan penemuan serta kreativitas. Maksud dari mempertimbangkan aspek pengelolaan adalah....
A. Kemampuan penerima didik dalam menentukan topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan
B. Kemampuan guru dalam menyesuaikan topik, data, dan jadinya dengan KD atau mata pelajaran
C. Kemampuan guru dalam memperlihatkan bimbingan dan santunan terhadap proyek yang dikerjakan penerima didik.
D. Kemampuan penerima didik dalam menyajikan unsur-unsur kekinian dalam hasil karya yang disajikan


7.  Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ……
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun.
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/  - 14/15 tahun

8.  Kemampuan penerima didik untuk membina kekerabatan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral


9. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ..
A. sosial-emosional 
B. kognitif 
C. moral
D. spritual


10. Peserta didik telah mempunyai moralitas yang benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian menetapkan berdasarkan suatu instruksi moral pribadi. Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional.
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional.


Anda ketika ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Pedagogik Pretest PPGSekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal Pretest PPG Materi Uji Pedagodik, namun ini hanya soal latihan yang disusun sebagai sarana untuk meningkatan wawasan pedagogik guru. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang berdasarkan anda benar..!!



11. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum . . .
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan 
D. Beragam dan terpadu 


12.  Keberhasilan proses pembelajaran sanggup diketahui melalui penilaian. Para guru sebelum melaksanakan penilaian diawali dengan merancang Instrumen penilaian. Hal yang paling utama dalam urutan penyusunan instrumen penilaian adalah ….
A. menyusun kisi-kisi
B. menyusun naskah soal
C. melakukan analisis kualitatif
D. melakukan analisis butir soal


13. Hal terpenting yang perlu dilakukan guru ketika merumuskan acara pembelajaran dalam RPP adalah... 
A.Mendiskripsikan kegiatan sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang sudah ditetapkan
B. Mendeskripsikan kegiatan sesuai dengan materi pokok yang di ajarkan
C. Mendeskripsikan kegiatan sesuai dengan sumber berguru yang digunakan
D. Mendeskripsikan kegiatan sesuai dengan bentuk dan jenis penilaian yang ditetapkan

14. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal .... 
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik 
C.  gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial


15. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan kekerabatan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan tanggapan dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering kekerabatan (bond) antara rangsangan dan tanggapan terjadi, maka akan semakin kuatlah kekerabatan keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…
A.  Behaviorisme
B.  Humanistik
C.  Sibernetik
D.  Kontruktivisme


16.  Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi lantaran kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme


17. Berikut yaitu langkah-langkah dalam pembelajaran model Project Based Learning(PjBL).
Urutan langkah yang benar adalah….
A. (3), (5), (2), (1), (4), (6)
B. (3), (6), (5), (1), (4), (2)
C. (5), (6), (3), (1), (2), (4)
D. (6), (5), (3), (1), (2), (4)


18. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut !



Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah..
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut 
B. Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik  
D. Keterkaitan dan keterpaduan

19. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia penerima didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan….
A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar. 
B. Pemberian kiprah yang tersetruktur. 
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.

20. Urutan yang benar tingkat ranah kognitif berdasarkan pendapat Benjamin S. Bloom adalah…
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.  ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis


Anda ketika ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Pedagogik Pretest PPGSekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal Pretest PPG Materi Uji Pedagodik, namun ini hanya soal latihan yang disusun sebagai sarana untuk meningkatan wawasan pedagogik guru. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang berdasarkan anda benar..!!

21. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan problem yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan problem yang dihadapi dengan tepat, adalah… 
A. Role Playing 
B. Inquiry 
C. Problem Solving
D. Picture and Picture 


22.  Proses kognitif di bawah ini yang termasuk High Order Thinking Skill adalah ....
A. Mengingat
B. Menganalisis
C. Memahami
D. Menerapkan



23. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yaitu rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diharapkan faktor-faktor .... 
A.   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru 
B.  Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa 
C.  Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa 
D.  Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa 


24.  Berikut ini pernyataan wacana kompetensi keterampilan.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abnormal terdapat pada angka  ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)


25. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, kalau seorang penerima didik tidak memperlihatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut 
B.  Memberikan kritik biar penerima didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan biar gampang dipahami penerima didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut


26. Dalam menentukan dan membuatkan materi pembelajaran, Ibu Marni Nugroho Al Faido selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memperlihatkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria… 
A.  Sahih  
B.  Kebermanfaatan
C.  Layak dipelajari
D.  Menarik minat


27.  Pada kegiatan pembelajaran, penerima didik sanggup membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar....

A. menanya
B. mengasosiasi
C. mengumpulkan informasi
D. mengomunikasikan


28. Bu Ritaratnasari Widyianingsih  menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Ritaratnasari Widyianingsih  mengikuti pola...
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. Inquiri


29. Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah… 
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
C. Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran


30. Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini. Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah....
A.  Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
B   Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
C.  Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan 
D.  Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media


Anda ketika ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Pedagogik Pretest PPGSekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal Pretest PPG Materi Uji Pedagodik, namun ini hanya soal latihan yang disusun sebagai sarana untuk meningkatan wawasan pedagogik guru. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang berdasarkan anda benar..!!


31. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah... .... 
A. Microsoft Database  
B.  Microsoft PowerPoint 
C.  Microsoft Desktop Publishing  
D. Microsoft Word 

32. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah... 
A. Microsoft Database 
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint 
D. Microsoft Desktop Publishing

33. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan penerapan model …
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik

  
34. Perhatikan indikator soal berikut ini: “disajikan teks deskriptif, siswa sanggup menentukan pokok pikiran teks tersebut dengan tepat”. Kata yang dicetak tebal dan miring memperlihatkan kepingan rumusan indikator dari komponen ...…. 
A.   audience
B.   condition
C.   behavior
D.   degree


35. Bu Tita Sukmawati Dewi Ashari melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan Bu Tita Sukmawati Dewi Ashari tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning 
B. Inquiry learning
C. Discovery learning 
D. Problem based learning


36. Fungsi KKM yaitu sebagai berikut, kecuali....  …
A. sebagai pola penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat dipakai sebagai kepingan dari komponen dalam melaksanakan penilaian jadwal pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah 
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif 

     

37. Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaran adalah… .
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar



38. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal yaitu ....
A. menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi
B. mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan
C.  pengkondisian penerima didik, motivasi, apersepsi, dan orientasi tujuan
D. pengkondisian penerima didik, memberikan tujuan dan kompetensi dasar



39. Perhatikan skor mata pelajaran Biologi semester satu tahun pelajaran 2017/2018 yang diperoleh siswa kelas VIII-A MTS Al Hidayah berikut ini:
88, 86, 67, 66, 85, 90, 88, 65, 78, 80

65, 78, 64, 86, 90, 96, 88, 80, 78, 82
Berdasarkan data di atas, maka daya serap mata pelajaran Biologi di kelas VII-A MTS Al Hidayah yaitu …
A. 84
B. 80
C. 78
D. 76


40.  Ketika Anda tahu bahwa Anda sebagai guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan? ....
A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan 
B.  Menyampaikan laporan ke atasannya 
C. Menyusun planning tindak lanjut
D. Menyusun planning penilaian diri



Anda ketika ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Pedagogik Pretest PPGSekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal Pretest PPG Materi Uji Pedagodik, namun ini hanya soal latihan yang disusun sebagai sarana untuk meningkatan wawasan pedagogik guru. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang berdasarkan anda benar..!!


41. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara …. 
A.  Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.  Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa  
C.  Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar 
D.  Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial


42.  Penilaian pengetahuan yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat tinggi. Kecakapan berpikir tingkat tinggi mencakup kemampuan....
A.  mengingat, memahami dan menerapkan
B.  memahami, menerapkan, dan menganalis 
C.  menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi 
D.  menganalisis, mengevaluasi dan mencipta 


43. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D.  hasil penilaian


44. Assesment hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali: ....
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu


45. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide. Manakah kata kerja operasional yang cocok dipakai dalam merumuskan indikator pencapaian tujuan ini?
A. membuat diagram, memperlihatkan bukti, menghubungkan
B. mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar 
C. menyusun, mencocokan, dan memilih
D. mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali  


46.  Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil berguru penerima didik, kecuali.... 
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi 
C. ditindaklanjuti dengan jadwal remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan kalau ternyata jadinya banyak yang jelek 



47. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran wacana memahami teks anekdot ternyata jadinya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti jadwal remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti jadwal pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara... 
A.  Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.  Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.   Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.   Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa



48.  Pak Dedi Sukmayadi Hidayat Wiradinata menemukan kasus kesulitan berguru yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara berguru yang salah. Langkah yang paling sempurna dilakukan untuk mengatasi kesulitan berguru tersebut adalah….
A. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional
B. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas
C. Tunjukkan tanggapan atau dampak cara berguru yang salah terhadap prestasi belajar
D. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar



49. Di bawah ini yaitu prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….  
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja 
B. Kegiatan yang direkayasa 
C. Adanya perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis 


50.  Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah.... 
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik
C. untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk membuatkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu 


51. Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yaitu …. 

A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru penerima didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan
C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk membuatkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu


52. Berikut ini kriteria dalam menentukan materi penting dalam penyusunan soal tes, kecuali ....
A.  Urgensi
B.  Kontinuitas
C.  Relevansi
D.  Kerumitan


53. Tujuan utama dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk… 
A. Mendapatkan citra wacana proses pembelajaran di kelas
B. Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
C. Memahami kinerja pembelajaran yang diampunya 
D. Mendapatkan informasi wacana kinerja guru 


54. Perhatikan pernyataan berikut ini!

Yang merupakan ciri soal pilihan ganda adalah....
A.  1, 2, dan 3
B.  1, 2, dan 4
C.  1, 3, dan 4
D.  2, 3, dan 4


55.  Tahap-tahap PTK yang menliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, merupakan model PTK yang dikemukakan oleh.... 
A. Hopkins
B. Kurt Lewin
C. Mc Keman
D. John Elliot 


56. Seorang anak mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam mempelajari nilai-nilai  agama  sering  menampilkan  suatu  hal  yang  tidak  serius.  Sifat pada anak ini dikenal dengan...
A. Egocentris
B. Misunderstand 
C. Unreflective
D. Verbalis dan Ritualis


57.  Kemampuan  anak  mengenal  sebab-akibat  tentang  lingkungannya, merupakan salah satu bentuk perkembangan .... 
A.  psikologis
B.  fisik
C.  bahasa
D.  kognitif


58. Penetapan skor soal uraian yang benar adalah....
A.  sama dengan skor soal pilihan ganda
B.  disesuaikan dengan tingkat kesulitan jawaban soal
C.  menggunakan skor angka genap
D.  menggunakan bobot yang sama untuk semua soal


59.  Pada kegiatan pembelajaran, penerima didik sanggup membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar....
A.  menanya
B.  mengasosiasi 
C.  mengumpulkan informasi
D.  mengkomunikasikan


60.  Dalam langkah kegiatan pembelajaran, Pak Agus Laksana Sumawiradina ta mengarahkan penerima didik untuk menemukan serta mencari jawaban atas suatu permasalahan yang tentunya dilakukan dengan cara sistematis, logis dan kritis dan dianalisis dengan perhitungan yang matang. Berdasarkan kasus di atas, Pak Agus Laksana Sumawiradinata sedang menerapkan model pembelajaran …..

A.  inquiry learning
B.  problem-based learning
C.  cooperative learning
D.  discovery learning


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


Baca Juga : Latihan Soal Tes Potensi Akdemik (TPA) Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA) atau Kemenag (disini)

Demikian contoh soal Latihan Pedagogik Pretest PPG khusus Guru Madrasah (MI MTS MA) atau Kemenag, semoga bermanfaat. Selamat berguru sambil bekerja, Semoga sukses.




= Baca Juga =