Update, Menjelang Rilis Dapodikdasmen Versi 2020 Sekolah Dihimbau Mempersiapkan Dokumen Dan Data

Update, Menjelang Rilis Dapodikdasmen Versi 2020 Sekolah Dihimbau Mempersiapkan Dokumen Dan Data

Minggu, 30 Juni 2019

 memberikan pemeberitahuan biar sekolah mempersiapkan Dokumen dan Data untuk Input Aplik Update, MENJELANG RILIS DAPODIKDASMEN VERSI 2020 SEKOLAH DIHIMBAU MEMPERSIAPKAN DOKUMEN DAN DATA

Memasuki tahun pelajaran 2019/2020 serta Input data Aplikasi Dapodikdasmen 2020 (Aplikasi Dapodikdasmen tahun Pelajaran 2019/2020), laman dapodikdasmen kemendikbud.go.id memberikan pemeberitahuan biar sekolah mempersiapkan Dokumen dan Data untuk Input Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.

Dalam laman tersebut pada intinya Sekolah Dihimbau Mempersiapkan Dokumen dan Data untuk Input Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020. Ini disebabkan lantaran Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yang akan dirilis pada awal Agustus 2019, terdapat beberapa pembaruan yang cukup besar. Berikut ini informasi terkait beberapa pembaruan yang dimaksud:

A. PESERTA DIDIK
Pembaruan selanjutnya pada hidangan Peserta Didik, yaitu ada penambahan atribut gres dan mengingatkan kembali informasi terkait mekanisme mutasi dan kelulusan.
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melaksanakan sosialisasi biar penerima didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Peserta Didik Tidak Lulus
Sesuai informasi sebelumnya bahwa proses kelulusan untuk penerima didik tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Bagi penerima didik yang tidak lulus, mekanisme yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan data penerima didik yang tidak lulus tersebut melalui Manajemen Dapodikdasmen untuk Dinas Pendidikan.
3. Peserta Didik Mutasi
Untuk penerima didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi pada Dapodik dilakukan sehabis Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan sudah melaksanakan sinkronisasi dengan versi gres tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemetaan siswa mutasi ke dalam rombel.

 B. GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)
Pembaruan selanjutnya ialah pada hidangan GTK, yaitu adanya penambahan atribut gres berupa:
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melaksanakan sosialisasi biar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melaksanakan evaluasi, training GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.


C. SARANA PRASARANA
Seiring pemanfaatan data Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk aktivitas pendidikan, kebutuhan informasi Sarpras semakin berkembang. Pembaruan data Sarpras dibutuhkan sanggup mendukung penilaian dan perumusan kebijakan serta transaksional yang memakai data Sarpras. Pembaruan pada data Sarpras ini paling signifikan. Data Sarpras akan lebih dirinci dan dibagi dalam tiga submenu, yaitu:

1. Tanah & bangunan
Pendataan Sarpras yang sebelumnya mendata ruangan-ruangan yang ada di sekolah sekarang akan lebih berkembang. Sekolah dibutuhkan sanggup memperlihatkan informasi perhiasan berupa data tanah serta bangunan yang dipakai oleh ruangan tersebut.
•  Tanah
Data tanah yang sebelumya ada pada hidangan sekolah, sekarang akan berpindah pada hidangan Sarpras. Selain data luas tanah yang telah diisi sebelumnya, informasi terkait tanah dibutuhkan sanggup memuat ukuran serta dokumen kepemilikan.

•  Bangunan
Data bangunan akan dikelompokkan menurut lokasi tanah. Pada data bangunan dibutuhkan sanggup memuat informasi jumlah lantai pada sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.

2. Ruang
Menu Ruang memuat data prasarana pada aplikasi versi sebelumnya. Pada hidangan ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana dibutuhkan akan diketahui jumlah ruangan pada sebuah bangunan. Selain informasi kondisi ruang, informasi perhiasan yang dibutuhkan diisi dari sekolah ialah ukuran dari setiap komponen bangunan.

3. Alat, Angkutan dan Buku
Menu ini berisi data sarana yang dikelompokkan menjadi 3 komponen utama yaitu:
•  Alat
Menu alat berisi data peralatan pendidikan yang berada pada setiap ruang. Data ini dikelompokkan menurut jenis alat dan dibutuhkan diketahui berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.
•  Angkutan
Pembaruan data sarana salah satunya yaitu pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang dipakai untuk operasional sekolah. Informasi yang diminta ialah berupa jenis angkutan serta kepemilikan dan dokumen kendaraan.
•  Buku
Referensi buku baik jenis buku teks dan buku non-teks semakin diperkaya. Sekolah dibutuhkan sanggup mengisi dengan lengkap informasi buku, jumlah, status kelaikan serta lokasi buku berada.

Demikian informasi yang dirilis dalam laman dapodikdasmen kemendikbud.go.id. dengan impian setiap satuan pendidikan sanggup menyiapkan dokumen-dokumen dan data yang dibutuhkan untuk selanjutnya diinput oleh petugas pendataan untuk kelancaran proses pendataan.



= Baca Juga =